Spesifikasi B30, Disebut Tak Signifikan ‘Ganggu’ Mesin Diesel

Spesifikasi B30, Disebut Tak Signifikan ‘Ganggu’ Mesin Diesel

Spesifikasi B30, Disebut Tak Signifikan 'Ganggu' Mesin Diesel
Spesifikasi B30, Disebut Tak Signifikan ‘Ganggu’ Mesin Diesel

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan hasil uji coba B30

yang melibatkan tujuh kendaraan diesel berbeda tidak menunjukkan perbedaan signifikan pada kinerja mesin. Langkah selanjutnya Kementerian ESDM tengah menguji coba penggunaannya pada masyarakat dan mengumumkan spesifikasi B30.

Menurut pernyataan Kementerian ESDM, B30 membuat daya mesin kendaraan turun sampai 1,7 persen namun ada juga yang naik sampai 1,6 persen. Penurunan yang tergantung jenis mesin diesel ini dialami kendaraan yang sebelumnya menggunakan B20.

Lihat juga:Menteri ESDM Teken Kepmen Uji Coba Distribusi B30

Selain itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Energi dan Sumber Daya Mineral (Balitbang ESDM) Dadan Kusdiana menyatakan B30 berdampak pada saringan bahan bakar kendaraan baru atau kendaraan yang belum pernah menggunakan biodiesel. Kerusakan itu disebut bakal terjadi pada pemakaian awal di antara 7.500 – 15 ribu km.

Menurut Dadan, setelah penggantian saringan kendaraan kembali normal sampai periode penggantian

komponen berikutnya.

Usai mendapatkan hasil uji coba, Menteri ESDM Arifin Tasrif menandatangani Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 227 K/10/MEM/2019 pada 15 November. Isi peraturan itu yakni melaksanakan uji coba distribusi B30 ke Bahan Bakar Minyak solar periode 2019.

Penyebaran B30 dilakukan ke delapan wilayah, yaitu ke Terminal BBM di Rewulu, Medan, Balikpapan, Plumpang, Kasim, Plaju, Panjang, dan Boyolali Jawa tengah. Uji coba distribusi B30 ini disebut sebagai persiapan pelaksanaan B30 yang dijadwalkan dimulai pada 1 Januari 2020.

Inisiasi pemanfaatan biodiesel untuk alat transportasi digerakkan oleh Presiden Joko Widodo. Tujuannya disebut untuk menekan defisit neraca perdagangan melalui pengurangan impor minyak.

 

Sumber :

https://namabayi.co.id/